pompa air

Pompa Air – M-GREEN Team dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menghasilkan Tray Pot Seeder, penanam benih yang berprofesi secara mekanik tanpa menerapkan sumber tenaga listrik dan bahan bakar.

Mereka yakni Tegar Pangestu Budi Utomo (Teknik Mesin 2015), Mochammad Miftahul Fahmi (Teknik Mesin 2015), dan M. Azzam Muzakki (Teknik Mesin 2015) yang peduli dengan kehidupan agraris Indonesia.

Dikabarkan dari situs ITB, Pekan (17/12/2017), petani tak jarang kali menerapkan polybag dalam cara kerja penyemaian dan penanaman bibit secara manual. Sedangkan, polybag adalah benda sekali gunakan sehingga akan menambah jumlah sampah.

Tak cuma itu, pelaksanaannya yang dijalankan dengan memasukkan bibit satu per satu ke dalam polybag menghalangi efisiensi untuk jumlah semai yang besar.

Dengan Try Pot Seeder, produktivitas petani akan meningkat karena cara kerja penyemaian dijalankan secara mekanik, tapi tanpa sumber tenaga listrik ataupun bahan bakar. Alat ini cuma akan menjatuhkan bibit ke dalam injektor bibit, lalu injektor bibit akan terbuka sehingga bibit bisa tersalurkan seketika ke dalam pot.

Tak seperti polybag, alat ini juga bisa dipakai berkali-kali dengan tarif yang relatif relatif murah. Dengan seperti itu, bisa dikatakan bahwa Try Pot Seeder menjunjung prinsip pertanian berkelanjutan sebab mengedepankan elemen ekologi, ekonomi, dan sosial.

Atas inovasinya, M-GREEN Team menyabet pemenang pertama dalam Supremacy Festival of National Agricultural Engineering (SUPERNATURE) 5 bidang Rancang Bangun Mesin Pertanian yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran (Unpad).

“Tuangkan inspirasi sebaik mungkin, meski inspirasi hal yang demikian keliatan simpel. Sebab, solusi keadaan sulit di Indonesia tak senantiasa memerlukan teknologi yang betul-betul baik maupun canggih, yang Indonesia butuhkan yakni teknologi yang layak dengan manusia-manusianya,” pungkasnya.

 

Baca Juga : Gerinda Tangan